Kover Baru :
Home » , , , » Kapitalisme Bugis

Kapitalisme Bugis

Rate it :
Kapitalisme baik dalam konteks istilah maupun ideologi, telah banyak dijelaskan (ditafsirkan) dalam berbagai literatur berdasarkan kepentingan, jiwa zaman, kategori historis, dan jenis hampiran pemikiran lainnya. Sebaliknya, berbeda dengan istilah ”Kapitalisme Bugis” yang masih belum akrab di telinga. Lalu apa motif dan bagaimana kelahiran serta perkembangan Kapitalisme Bugis tersebut?. Adakah semisal semangat Calvinisme  (Protestant Ethic) seperti di Inggris dan Eropa Barat atau ”Tokugawa Religion” di Jepang sebagai spirit kapitalisme yang dimiliki oleh orang Bugis sehingga demikian menarik?
 
Berawal dari pertanyaan inilah keingintahuan historis diperlukan untuk menelusuri kearifan lokal apa sesungguhnya di balik etika bisnis orang Bugis. Kemudian apakah semangat Kapitalisme Bugis juga melahirkan imperialisme/kolonialisme seperti halnya di negera-negara Eropa?. Sederet uraian yang tersaji dalam buku ini, merupakan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Bahasan buku ini diawali dengan pengertian kapitalisme, konsep, serta sekelumit sejarahnya. Selanjutnya menguraikan pentingnya falsafah hidup sebagai sumber motivasi bagi orang Bugis, pentingnya kerja keras (reso) sebagai penentu kesuksesan seseorang dalam kehidupan, sukses dalam hidup menurut naskah Lontarak, makna siri’ yang dihubungkan dengan motivasi usaha dan etika bisnis orang Bugis, serta kebiasaan merantau sebagai peluang dan strategi ekonomi yang dihubungkan dengan beberapa catatan sejarah mengenai kiprah orang Bugis di tanah seberang. Pada penghujung kajian, diuraikan gejala memudarnya jiwa kapitalis dan prospeknya.
Share this article :
 
TOP
Copyright © 2014. deCover - All Rights Reserved
Template Created by ThemeXpose