Kover Baru :
Home » , , » Pendidikan Karakter Bangsa

Pendidikan Karakter Bangsa

Rate it :
Pendidikan karakter merupakan suatu hal yang sangat penting dalam membangun bangsa yang beradab dan bermartabat, baik di mata Tuhan, dunia internasional, dan manusia. Krisis karakter kebangsaan yang kini semakin mewabah di kalangan generasi muda, bahkan generasi sebelumnya semakin melahirkan keprihatinan demi keprihatinan. Setiap harinya, media massa terus dibanjiri dengan berita-berita kejahatan, pembunuhan, meningkatnya pergaulan bebas, maraknya angka kekerasan anak, remaja, perempuan,  dan lain sebagainya. Kita semakin sadar, bahwa kini nilai-nilai Pancasila yang luhur perlahan mulai tersisihkan.

Krisis moral menyebabkan bangsa  seolah terjajah oleh penyakit moral bangsa. Jika sudah demikian, tidak ada penawar yang paling ampuh kecuali berpulang pada  Pancasila, sumber nilai-nilai kebaikan dan keluhuran bangsa. Seandainya Pancasila diaktualisasikan dalam perilaku hidup keseharian, tentu bangsa ini akan menjadi bangsa yang harmonis, bersatu di atas banyak perbedaan, dan mampu menjadi bangsa beradab di mata dunia. Dan, itulah kemerdekaan yang sesungguhnya.

Krisis moral yang telah merampas hak anak-anak untuk mendapatkan lingkungan terbaik untuk tumbuh dan berkembang merupakan sebuah tanda bahwa bangku sekolah belum mampu mencetak kader bangsa yang tangguh secara mental dan intelektual. Terlebih, orang-orang dewasa juga mengajarkan teladan buruk pada anak, semisal pada kasus perselingkuhan, korupsi, kekerasan, dan lain sebagainya. Dunia pendidikan pun semakin sadar bahwa mengajarkan budi pekerti dalam bentuk teks-teks saja tidak akan mampu menggerakkan pertumbuhan moral yang diharapkan.
Share this article :
 
TOP
Copyright © 2014. deCover - All Rights Reserved
Template Created by ThemeXpose